Peran Pemuda dalam Menyukseskan Program JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 542 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 09 Aug 2017 11:29:57
Jakarta, 08/08/17 : Direktur Kepatuhan, Hukum dam Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri acara Silaturahmi Ulama Pondok Pesantren di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Acara ini juga merupakan Peresmian Pembukaan Pasanggiri Nasional Tingkat Remaja Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD 2017.

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi karena telah ikut memelihara, ikut merawat, ikut menjaga tradisi leluhur kita, seni bela diri pencak silat," kata Jokowi. Untuk diketahui, PB Persinas menggelar pertandingan (pasanggiri) pencak silat nasional tingkat remaja, dalam mempersiapkan atlet sejak dini. Perlombaan ini dihadiri perwakilan 34 provinsi dan berlangsung pada 8-11 Agustus 2017.

Di sela-sela kegiatan Direktur Kepatuhan, Hukum dan Hubungan Antar Lembaga Bayu Wahyudi mengungkapkan mengapresiasi prestasi yang telah diterohkan oleh PB Persinas di kancah dunia. Menurutnya, hal itu perlu ditiru seluruh pemuda di Indonesia. Aktivitas olahraga pada mulanya adalah upaya untuk menjaga kesehatan, dan ini sesuai dengan program pemerintah yaitu dibidang kesehatan yaitu mengoptimalkan program promotif dan preventif. 

“BPJS Kesehatan juga mendorong peran pemuda dalam mensukseskan program JKN-KIS salah satunya melalui kegiatan promotif dan preventif. Kami berharap pemuda juga dapat menggerakkan masyarakat setempat agar sadar dan ikut bertanggungjawab menjaga kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat di lingkungannya. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan bahwa dalam rangka mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dilakukan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat, atau dalam hal ini adalah pemuda,” kata Bayu.

Sejumlah upaya yang dapat dilakukan pemuda antara lain melakukan kampanye kepada masyarakat agar terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, bekerja sama dengan BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi program JKN-KIS, menggalang dana untuk donasi masyarakat kurang mampu yang belum tercover JKN-KIS, serta menyukseskan program Kader JKN.

File :