BUMN Dapat Menjadi Penggerak Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Penulis : Humas Dibaca : 216 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 06 Sep 2017 17:00:37
Jakarta (03/09/2017)* : Dalam rangka mewujudkan universal health coverage/cakupan semesta yang ditargetkan paling lambat 1 Januari 2019 mendatang, diperlukan dukungan dari seluruh pihak termasuk di dalamnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Wujud dukungan BUMN  antara lain dengan mendaftarkan seluruh pegawai BUMN dan anggota keluarga ke dalam Program JKN-KIS serta mendukung keberlangsungan program JKN-KIS melalui optimalisasi pola hidup sehat.

Peran Badan Usaha khususnya BUMN sangat besar dalam mendukung "kegotong-royongan" Program ini. BUMN diharapkan menjadi role model atau motor penggerak khususnya dalam keberlangsungan program JKN-KIS yang merupakan salah satu Program Prioritas Pemerintah Kabinet Jokowi-JK. 

“Sebagaimana kita ketahui, Program JKN-KIS merupakan program negara yang harus mendapat dukungan dari berbagai pihak. BUMN sebagai badan usaha milik negara juga diharapkan dapat memberi contoh kepada badan usaha lain dalam hal partisipasi kepesertaan JKN-KIS. Mengingat program ini memiliki prinsip gotong royong maka keiikutsertaan setiap warga negara adalah wajib. Setiap warga negara memiliki kesetaraan dalam memperoleh jaminan kesehatan, pegawai BUMN juga merupakan bagian dari penduduk Indonesia,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris saat kegiatan Pertemuan dengan Menteri BUMN RI Rini Soemarno, di Jakarta (06/09).

Fachmi menambahkan, diharapkan ke depan peran BUMN bukan hanya sebatas telah mendaftarkan seluruh pegawai dan anggota keluarga, namun juga pada implementasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) sebagai wujud kehadiran BUMN bagi masyarakat Indonesia. Ke depan akan dilaksanakan implementasi Germas yang akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan diharapkan dapat memberikan kemanfaatan lebih luas bagi masyarakat.

File :