BPJS Kesehatan Grebek Pasar Hamadi Jayapura

Penulis : Humas Dibaca : 146 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 09 Apr 2018 00:00:00
Jayapura (09/04/2018) - Sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura membuka stand pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan menggunakan Mobile Customer Service (MCS) di Pasar Hamadi Kota Jayapura, Rabu (04/04) lalu.

Para petugas pun berpencar masuk ke dalam pasar guna mendekati pedagang-pedagang dan pengunjung yang ada di dalam, beragam inovasi dilakukan oleh BPJS Kesehatan melalui berbagai cara sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait program JKN-KIS tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Hal ini penting mengingat kesibukan rutinitas sehari-hari bagi para pedagang di pasar Hamadi. 

“Tujuan diadakan pelayanan MCS ini adalah guna memberikan informasi ter-update terkait program JKN-KIS kepada pedagang bahkan pengunjung yang ada di pasar Hamadi Kota Jayapura yang telah menjadi peserta JKN-KIS. Dengan demikian, diharapkan mereka mampu memahami hak dan kewajibannya dan prosedur pelayanan yang benar sehingga dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, serta bagaimana cara pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Jayapura Freda Y. Imbiri. 

Freda juga menambahkan dengan melihat antusias masyarakat, dibukanya pelayanan BPJS Kesehatan hari ini di Pasar Hamadi yang merupakan kali pertama dilakukan, serta dirasakan cukup bagus untuk menarik minat masyarakat mendapatkan informasi langsung mengenai program JKN-KIS maupun membayar tunggakan iuran. Oleh karena itu kegiatan ini direncanakan akan dilakukan secara rutin di pasar-pasar dan pusat keramaian di Kota Jayapura yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasaan peserta dan juga kolektabilitas iuran," ungkap Freda.

Dalam kesempatan ini juga diperkenalkan kepada beberapa pengunjung mengenai kemudahan dalam mendapatkan layanan JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store pada telepon pintar peserta. 

“Aplikasi Mobile JKN ini sangat bermanfaat bagi peserta maupun calon peserta, karena dengan aplikasi Mobile JKN, Peserta dapat mengakses informasi kartu, memperbarui identitas, melakukan skrining kesehatan online, dan kemudahan peserta untuk menyampaikan keluhan atau pengaduan pelayanan yang mereka dapatkan dari FKTP,” tambah Freda.

Frida pun berharap, dengan membuka pelayanan MCS ini dapat memberikan informasi terupdate kepada masyarakat yang ada di kota jayapura mengenai program JKN-KIS. Sebagai informasi, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jayapura telah bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebanyak 185 dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) sebanyak 15.

File :