Walikota Sibolga Terima UHC Award, Piala UHC Langsung Diarak Keliling Kota Sibolga

Penulis : Humas Dibaca : 907 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 30 May 2018 00:00:00
Sibolga (30/05/2018) - Kota Sibolga merupakan salah satu dari 120 kabupaten/kota di Indonesia yang telah berhasil memperoleh predikat Universal Health Coverage (UHC). Penduduk Kota Sibolga tercatat telah tercover program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat dengan komposisi 97% dari jumlah total penduduk Kota Sibolga. Atas capaian tersebut Pemerintah Kota Sibolga memperoleh penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award.

Pemerintah Kota Sibolga mengapresiasi penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo ini. Setibanya di Kota Sibolga, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk beserta rombongan langsung disambut di Bandar Udara FL Tobing Kabupaten Tapanuli Tengah dan diantar menuju Kota Sibolga.

Walikota Sibolga secara simbolis kemudian menyerahkan Piala UHC Award tersebut kepada Dinas Kesehatan Kota Sibolga di Halaman Dinas Kesehatan Kota Sibolga. Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Sekretaris Daerah Kota Sibolga Yusuf Batubara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu, Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rudhy Suksmawan Hardhiko, serta jajaran SKPD lainnya.

Walikota Sibolga dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak awal tidak ada niatan untuk memperoleh penghargaan UHC Award. Niat awalnya justru untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Kota Sibolga, yang memang sudah tertuang dalam Program Nawacita Presiden Joko Widodo melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat.

“Dari awal kita sudah berkemauan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Sibolga, meskipun APBD kita tidak mencapai triliunan rupiah namun kita tetap berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan kepada rakyat Kota Sibolga,” tambah Syarfi.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Kartu Indonesia Sehat secara simbolis kepada 17 peserta JKN-KIS yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelurahan di Kota Sibolga. Penyerahan kartu langsung diserahkan oleh Walikota Sibolga beserta jajaran SKPD lainnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rudhy Suksmawan Hardhiko dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Kota Sibolga atas capaian Universal Health Coverage serta penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Sibolga atas keberhasilan mengikutsertakan penduduk Kota Sibolga menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat.

“Pada kesempatan ini, kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi, khususnya kepada Pemerintah Kota Sibolga, DPRD Kota Sibolga, Dinas Kesehatan Kota Sibolga, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sibolga, Dinas Sosial Kota Sibolga, dan dinas terkait lainnya, para Camat, Lurah yang telah mendukung dan berjuang keras untuk mewujudkan UHC di Kota Sibolga,” jelas Rudhy.

Dalam kegiatan ini BPJS Kesehatan Cabang Sibolga juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Kota Sibolga atas capaian Universal Health Coverage Kota Sibolga, yang capaian kepesertaannya hingga 25 Mei 2018 mencapai 97% dari jumlah penduduk Kota Sibolga.

Untuk rencana kedepan, Walikota Sibolga bersama DPRD Kota Sibolga berkomitmen untuk  menambah anggaran di P-APBD 2018 agar mencapai cakupan kepesertaan JKN KIS bisa mencapai 100%.

Walikota Sibolga juga berkomitmen untuk mencanangkan metode pendaftaran online bagi para pasien yang ingin mendapatkan pelayanan di RSU Dr FL Tobing Sibolga di awal tahun 2019.

File :