Optimalkan Sistem Pembayaran INA-CBGs, Dewas BPJS Kesehatan Gelar Workshop Bersama Akademisi

Penulis : Humas Dibaca : 742 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 05 Jun 2018 09:14:16
Jakarta, 05/06/2018 – Dewan Pengawas BPJS Kesehatan menggelar workshop bertema “Metoda Pembayaran Fasilitas Kesehatan untuk Pelayanan Kesehatan yang berkualitas pada penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional”. Hal ini dilakukan dalam upaya memperoleh informasi dan kajian  lebih lengkap tentang Sistem INA-CBGs dengan harapan akan mendapatkan masukan dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit saat ini.  

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa narasumber baik dari praktisi maupun akademisi yang kompeten di bidang ini, yaitu dr. Hikmat Permana yang menjabat sebagai Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrinologi dan Metabolisme RS Hasan Sadikin, serta dr. Setyo Widi selaku Tim Advokasi dan Monev JKN PB ID. Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut hadir pula Ketua Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Indonesia dr. Slamet Yuwono dan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gajah Mada Prof. Laksono Trisnantoro.

"Kami berharap, seluruh elemen masyarakat khususnya tenaga medis dapat memahami prinsip dan pengelolaan INA-CBGs. Untuk itu, kami adakan workshop ini agar  tercipta pemahaman yang sama dan diharapkan dapat menjadi rekomendasi terkait pengelolaan program Jaminan Kesehatan Nasional kepada Presiden dan para pemangku kepentingan lainnya,” ujar Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Chairul Radjab Nasution.

Saat ini pola pembayaran dengan menggunakan metode INA-CBGs sudah diterapkan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL). Diharapkan melalui upaya yang dilakukan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan dapat turut serta mengoptimalkan implementasi Program JKN-KIS.

File :