Begini Teknis Penjaminan bagi Peserta JKN-KIS yang Kecelakaan Lalu Lintas

Penulis : Humas Dibaca : 293 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 02 Jul 2018 00:00:00

Kota Bima, Jamkesnews - Guna menambah pengetahuan masyarakat terkait penjaminan kecelakaan lalu lintas, BPJS Kesehatan Cabang Bima melakukan talkshow yang kali ini berlangsung di Radio Pelangi 103.2 FM, Kamis (29/06).

Talkshow ini bertujuan untuk memberikan informasi serta menyamakan pemahaman lebih detail terkait mekanisme penjaminan bagi peserta JKN-KIS apabila mengalami kecelakaan lalu lintas, karena sampai saat ini masih terdapat laporan masyarakat yang kebingungan atau kurang paham mengenai penjaminan pelayanan di rumah sakit terutama untuk kasus kecelakaan lalu lintas.

Hadir sebagai narasumber talkshow, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima Elly Widiani, Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja (Persero) Kota Bima Yudhi Darmawan serta Kanit Laka Lantas Polres Kota Bima I Gusti Lanang WS. Pada kesempatan tersebut, Yudhi  menjelaskan mekanisme kecelakaan lalu lintas yang dijamin oleh Jasa Raharja adalah kecelakaan ganda yang melibatkan dua kendaraan atau lebih.

“BPJS Kesehatan menjadi penjamin pertama untuk kasus kecelakaan tunggal dan menjadi penjamin kedua pada kasus kecelakaan ganda. Apabila selisih biaya perawatan rumah sakit melebihi batas maksimal pertanggungan, maka Jasa Raharja berdasarkan hasil laporan kepolisian akan menentukan siapa yang menjadi penjamin pada kasus kecelakaan lalu lintas tersebut. Laporan Polisi adalah syarat mutlak untuk penjaminan kecelakaan tunggal atau ganda dengan disertakan barang bukti dan saksi pada saat pelaporan ke kepolisian,” ujar Yudhi.

Ia menambahkan, penjaminan biaya pertanggungan bagi kecelakaan lalu lintas darat ganda, untuk kasus yang meningal dunia adalah 50 juta rupiah, cacat tetap sebesar 50 juta rupiah, perawatan luka-luka 20 juta rupiah, P3K maksimal 1 juta rupiah dan layanan ambulan 500 ribu rupiah.

Senada dengan hal tersebut, Polres Kota Bima yang diwakili oleh Kanit Laka Lantas I Gusti Lanang WS menyatakan siap melayani pelaporan masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas baik itu tunggal ataupun ganda, tentunya dengan tetap mengacu pada  ketentuan yang berlaku.

Sementara itu Elly  juga memastikan bahwa masyarakat tidak perlu kuatir karena BPJS Kesehatan sudah menerapkan aplikasi V-Claim yang sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Database Korporasi PT Jasa Raharja (Persero) sehingga memudahkan proses koordinasi yang lebih cepat dan dapat segera menentukan penjamin pada kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi kepada peserta.

“Semua kecelakaan lalu lintas baik itu tunggal maupun ganda, petugas rumah sakit berkewajiban untuk segera melakukan validasi data peserta yang muncul pada aplikasi V-Claim dan melakukan checklist pada aplikasi, setelah itu mengirimkannya ke Jasa Raharja untuk menindaklanjuti kasus kecelakaan lalu lintas tersebut. Meskipun pada awalnya nanti mungkin ditemui beberapa hal yang perlu dievaluasi dalam  sinkronisasi sistem baru ini, namun semoga tetap dapat berjalan dengan baik demi menjaga kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS,” jelas Elly

File :