Dengan Rujukan Online Tidak Perlu Repot Membawa Berkas

Penulis : Humas Dibaca : 751 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 04 Oct 2018 00:00:00

Palembang (04/10/2018) – BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat khususnya pada layanan rujukan dari FKTP ke FKRTL dengan sistem terkoneksi melalui jaringan internet.

 

Rujukan online merupakan terobosan baru dari BPJS Kesehatan.  Hal tersebut merupakan inovasi yang mendukung kemudahan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), rujukan online menjadi fokus baru bagi Program JKN-KIS mengingat zaman sekarang sudah berbasis online, sehingga rujukan yang sebelumnya manual pun dipermudah menjadi rujukan online.

 

Seperti hal yang dialami oleh Sofie Olivia Etheline, Peserta JKN-KIS yang rutin menggunakan kartu JKN-KIS ini merasa terbantu dengan adanya Rujukan online.

 

Ditemui ketika berobat di Puskesmas Sekip (01/10), Sofie mengungkapkan bahwa dengan adanya Rujukan online ini berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan Lanjutan (FKRTL) semakin mudah. Sofie juga menambahkan pelayanan yang ia terima dari petugas medis juga sangat baik, cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh peserta JKN-KIS.

 

 “Dengan diterapkannya sistem rujukan online ini, saya merasa lebih nyaman dan pelayanan yang saya dapat menjadi lebih cepat serta tidak perlu mengantri lama untuk masuk poli dan juga tidak perlu lagi membawa berkas-berkas rujukan karena seluruh data informasi rujukan sudah terekam secara otomatis di rumah sakit," ujar Sofie.

 

"Dokter mengatakan bahwa “Ibu, sekarang sudah zaman digitalisasi jadi sekarang ibu tidak perlu membawa kertas rujukan lagi, ibu tinggal datang ke Rumah Sakit tinggal tunjukan kartu JKN-KIS ibu, karena rujukan sudah bersifat online langsung ke Rumah Sakit yang dituju,” kata Sofie.

 

Lebih lanjut Sofie menjelaskan sekarang peserta tidak perlu lagi takut jika lupa membawa surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), karena data rujukan tersebut sudah di input secara online di FKTP, sehingga dengan hanya menunjukkan kartu JKN-KIS maka data rujukan akan terlihat di sistem aplikasi rumah sakit. (rw/md)


File :