Banyak Keuntungan Untuk Peserta Dengan Rujukan Online

Penulis : Humas Dibaca : 309 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 06 Oct 2018 00:00:00

Kotabumi (06/10/2018) – Empat Tahun sembilan bulan sudah BPJS Kesehatan diberi amanah oleh undang-undang untuk mengelola Program jaminan kesehatan dengan sistem gotong royong. Sudah banyak yang merasakan manfaat dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini dan masyarakat dari berbagai golongan juga sangat terbantu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

 

Sebagai bentuk komitmen BPJS Kesehatan kepada masyarakat Indonesia untuk tetap meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, maka BPJS Kesehatan kembali meluncurkan inovasi terbaru yaitu sistem rujukan online.

 

Sistem rujukan online adalah rujukan secara digital untuk proses rujukan berjenjang sehingga mendapat kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

 

Salah satu peserta yang sangat merasakan manfaat sistem rujukan online tersebut adalah Lina (34), seorang Ibu Rumah Tangga asal Kotabumi. Ibu ini menceritakan pengalamannya kepada tim Jamkesnews saat ditemui di RS. Handayani Kabupaten Lampung Utara, Jumat (5/10).

 

“Ini anak saya sakit gatel-gatel, kayaknya sih alergi, tadi kita sudah ke Puskesmas dan akhirnya dirujuk ke rumah sakit Handayani. Awalnya saya ragu karena biasanya kalau rujukan itu rumit ya harus ke sana ke mari, harus ada ini ada itu eh tapi sekarang ternyata enggak, langsung suruh ke pendaftaran rumah sakit dan ternyata udah lengkap datanya disini. Banyak keuntungan untuk peserta dengan rujukan online ini, gak pake antre lama,” ujar Lina.

 

Sistem rujukan online tetap memberikan peluang bagi peserta untuk bisa mendapatkan pelayanan di rumah sakit tujuan rujukan kelas B dan kelas A selama sesuai dengan kebutuhan medisnya. Sementara untuk kasus-kasus dengan kekhususan tertentu di mana kompetensi pelayanan tersebut hanya dimiliki oleh RS kelas B atau kelas A maka dari Fasilitas Kesehatan Tingat Pertama (FKTP) bisa langsung merujuk ke RS kelas B atau kelas A tersebut untuk peserta JKN-KIS yang telah rutin mendapat pelayanan kekhususan di sana.

 

Lina juga berharap agar program JKN-KIS ini dapat terus berlanjut dan berharap agar ke depannya banyak inovasi yang dihasilkan BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN-KIS.

 

“Harapan ke depannya agar program JKN-KIS ini dapat terus menjadi lebih baik terutama dalam hal administrasi dan pelayanan agar semua masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama tanpa ada perbedaan, terimakasih banyak buat semua pihak karena sekarang rujukan online semua jadi praktis, dan buat masyarakat yang belum daftar menjadi peserta JKN-KIS, yuk daftar sebelum terlambat karena gak  harus sakit dahulu baru menjadi peserta JKN-KIS dan yang pasti jangan lupa juga sama kewajibannya bayar iuran setiap bulannya,” tutup Lina. (FR/hv)


File :