Direktur Utama / President Director | Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes

Penulis : Admin Dibaca : 25606 Tanggal Posting : 10 Oct 2018 09:20:27 WIB

Lahir di Palembang pada tanggal 1 Februari 1968. Menjadi salah satu Mahasiswa Berprestasi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (1993). Beliau memiliki kemampuan di bidang akademik yang sangat luar biasa, terbukti dengan banyaknya penghargaan yang beliau terima diantaranya adalah memperoleh predikat lulusan terbaik Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Indonesia (1998), menjadi lulusan dengan predikat Cum Laude Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia (2003) dan menjadi salah satu lulusan terbaik Peserta Program Pendidikan Reguler Lemhannas RI angkatan XLV Tahun 2010 serta merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang

Selain menorehkan banyak prestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Beliau juga aktif dalam organisasi bidang keprofesian maupun bidang sosial kemasyarakatan. Di bidang sosial kemasyarakatan, tercatat antara lain: sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional (2015 – 2020). Di bidang keprofesian, tercatat antara lain: sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (2003-2006), dan Presiden Ikatan Dokter Asia dan Oceania (The Confederation of Medical Association on Asia and Oceania) 2006-2009 yang berpusat di Tokyo, Jepang. Saat ini beliau juga tercatat sebagai Vice-Chairperson of the Technical Commission on Medical Care and Sickness Insurance pada International Social Security Association (ISSA) yang berpusat di Geneva, Switzerland.

Suami dari Dr. dr. Rini Sp.A, dan bapak dari tiga anak ini, mengawali karir di tahun 1995 sebagai Kepala Puskesmas Makarti Jaya, Sungsang, daerah perifer pada waktu itu, di Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Kemudian, menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat. Beliau pernah mengabdi sebagai Dewan Pengawas RS Mohammad Hoesin Palembang (BLU), anggota Konsil Kedokteran Indonesia serta sebagai Ketua Komisi Kajian dan Penelitian Dewan Jaminan Sosial Nasional. Kemudian pada tahun 2008 beliau bergabung dengan PT Askes (Persero) sebagai Dewan Komisaris sekaligus Ketua Komite Manajemen Risiko, dan kemudian pada tahun 2013 mengabdi sebagai Direktur Utama PT Askes (Persero), lalu sebagai Direktur Utama BPJS Kesehatan (2014-2015), selanjutnya kembali dipercaya untuk menjadi Direktur Utama BPJS Kesehatan (2016 – 2021) guna mewujudkan cita-cita Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2019.

Pemikiran beliau dapat dilihat dari 14 buah buku (ISBN) yang telah beliau tulis, dan juga dapat dibaca pada lebih dari seratus tulisan/paparan yang disampaikan pada berbagai pertemuan/jurnal ilmiah/non ilmiah, baik di lingkup nasional maupun internasional.

 

Alamat dan Kontak :
BPJS Kesehatan Kantor Pusat
Gd. G.A Siwabessy Jl. Letjend Suprapto Kav 20 No 14
Telpon : (021) 421 2938
Fax : (021) 421 2940