Ketua Dewan Pengawas / Chairman of the Supervisory Board | dr. Chairul Radjab Nasution, Sp. PD, KGEH, FINASIM, FACP, M. Kes

Penulis : Admin Dibaca : 14312 Tanggal Posting : 10 Oct 2018 09:58:20 WIB

Lahir di Medan, 22 Februari 1957, merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 1991 yang dikenal luas sebagai birokrat karir yang memiliki pengalaman panjang dalam manajemen kesehatan. Menjadi seorang dokter adalah cita-cita beliau dari sejak SMP Kelas 1. Pada tahun 2001 di Australia, beliau melanjutkan pendidikan Health Services Management di Royal Melbourne Institute of Technology. Pada tahun 2008 juga melanjutkan pendidikan Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

 

Beliau mengawali karirnya sebagai Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUP Fatmawati Jakarta tahun 1992. Kemudian pada tahun 1996, menjabat sebagai Kepala Bagian Sekretariat RSUP Fatmawati Jakarta. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2005-2007 di instansi yang sama, beliau menjalankan profesinya sebagai Direktur Medik dan Keperawatan. Menyebrang ke pulau Sumatera pada tahun 2008, beliau dipercayakan menjabat sebagai Direktur Utama RSUD Djamil Padang dan pada tahun 2008-2011 juga dipercayakan menjabat sebagai Direktur Utama di RSUP Fatmawati Jakarta serta Direktur RS Haji Jakarta. Tidak hanya sampai disitu, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Bina Upaya Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi dan Plt Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Kementerian Kesehatan. Sampai akhirnya pada tanggal 23 Februari 2016 dipercayakan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, sebagai Ketua Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan periode 2016-2021.

Di sela-sela kesibukan bekerjanya, seorang bapak 3 anak ini juga aktif dalam organisasi yang diikutinya, antara lain turut bergabung sebagai Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Selatan, Wakil Ketua Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia Cabang Jakarta, Ketua Indonesian Association for The Study of The Liver (InaASL) Cabang Jakarta, Ketua Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia Cabang Jakarta, Ketua Perkumpulan Digestive-Endoscopy Indonesia Cabang Jakarta, Wakil Ketua PB PDMMI (Persatuan Dokter Manajemen Medis Indonesia), Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PB. PAPDI), Ketua I Pengurus Besar Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PB. PAPDI) dan Dewan Pertimbangan Pengurus Besar (PB. PAPDI).

 

Pada tahun 2010 saat penugasan ke luar negeri, beliau dipercayakan menjadi Koordinator Team Kesehatan Haji Indonesia di Arab Saudi. Demi menunjang karirnya, beliau juga tertarik untuk mengikuti pelatihan penjenjangan, antara lain SPAMA Lembaga Penyelenggara Kementerian Kesehatan Jakarta (1997) dan Diklat PIM TK. II Lembaga Administrasi Negara Jakarta (2013).

 

Berkat kegigihan dan dedikasi yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan serta pekerjaannya, beliau juga banyak memperoleh penghargaan. Pada tahun 1997, beliau memperoleh penghargaan sebagai Peringkat Pertama Diklat SPAMA oleh Kementerian Kesehatan. Beberapa tahun kemudian memperoleh Wing Kehormatan Parkespra oleh Perhimpunan Kesehatan Penerbang dan Antariksa Indonesia (2012). Satu tahun kemudian, tepatnya tahun 2013, memperoleh Peringkat Kedua Diklat PIM TK. II Angkatan XXXVII oleh Lembaga Administrasi Negara, serta memperoleh penghargaan sebagai Pegawai Berprestasi dan Berdedikasi atas Kinerja Baik serta Integritas, Loyalitas, Moralitas dan Dedikasi terhadap Institusi oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Kep. Menkes RI Nomor: KP.04.02/MENKES/386/2014).

 

Alamat dan Kontak :
BPJS Kesehatan Kantor Pusat
Gd. G.A Siwabessy Jl. Letjend Suprapto Kav 20 No 14
Telpon : (021) 421 2938
Fax : (021) 421 2940