Ga Pakai Repot Kalau Peserta JKN-KIS Download Aplikasi Mobile JKN

Penulis : Humas Dibaca : 342 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 04 Nov 2018 00:00:00

Ungaran (04/11/2018) – Kini berbagai kemudahan ditawarkan oleh BPJS Kesehatan sebagai Badan Penyenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), salah satunya melalui inovasi pengembangan aplikasi Mobile JKN yang ditujukan untuk mempermudah pelayanan administratif peserta JKN-KIS di era digital.

 

Aplikasi Mobile JKN, terpilih masuk menjadi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Dan untuk lebih menggaungkan lagi keberadaan Mobile JKN, BPJS Kesehatan Cabang Ungaran mendirikan Anjungan Mobile JKN dengan  harapan semakin banyak peserta JKN-KIS yang terinformasi dan segera memanfaatkan aplikasi ini.

 

Dwi Ayu, Ibu dua anak, yang tinggal di Gunung Pati Semarang, langsung men-download aplikasi Mobile JKN setelah membaca brosur Mobile JKN dan setelah ia bertanya kepada petugas tentang kemudahan dari aplikasi ini, Selasa (30/10).

 

Tidak ada 5 menit, Dwi sudah bisa download, register bahkan login aplikasi Mobile JKN. Sangat mudah dan cepat. Itulah yang dirasakan Dwi.

 

 “Saya sudah lama menjadi peserta JKN-KIS. Awalnya saya belum tau Mobile JKN, kini setelah saya tau saya langsung download aplikasi Mobile JKN. Saya rasa Mobile JKN itu sangat mempermudah peserta. Nyamanlah ini jadinya. Tidak perlu repot-repot buat antri ke kantor, apalagi jarak rumah ke kantor BPJS Kesehatan lumayan jauh. Ke depannya saya akan benar-benar memanfaatkan aplikasi ini. Dalam waktu dekat mungkin saya akan ganti FKTP melalui Mobile JKN,” ungkap Dwi.

 

Melalui Mobile JKN kegiatan administratif yang semula dilakukan di kantor ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta di mana saja, kapan saja dan tanpa batasan waktu. Dengan kata lain peserta diberikan kemudahan untuk melakukan self service.

 

Peserta bisa melalukan perubahan data, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, dan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran. Selain itu peserta bisa mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan dengan menunjukan KIS Digital dalam fitur Mobile JKN, serta dapat menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar Program JKN-KIS.


File :