Kabupaten Hulu Sungai Selatan Siap Sambut UHC

Penulis : Humas Dibaca : 289 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 Dec 2018 07:11:40

Hulu Sungai Selatan (3/12/2018) - Dalam peringatan hari jadinya ke-68, Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang beribukota di Kandangan ini, sukses membuktikan komitmennya dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di wilayahnya. Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama Universal Health Coverage (UHC) yang ditandatangani di sela-sela acara peringatan HUT Kabupaten Hulu Sungai Selatan ke-68 di Lapangan Lambung Mangkurat, Minggu (02/12).

 

Pada acara tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai Sugiyanto beserta Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry menandatangani perjanjian disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Maya Amiarny Rusady dan Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan Benjamin Saut PS.

 

Per 1 Januari 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan telah menyatakan akan mendaftarkan penduduknya menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD sebanyak 89.446 jiwa. Maka secara otomatis, jumlah capaian peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di HSS mencapai 229.349 jiwa atau sejumlah 96.32% dari jumlah penduduk Kabupaten Hulu Sungai Selatan secara keseluruhan.

 

"Dengan tercapainya 95% atau lebih penduduk dijamin oleh BPJS Kesehatan, maka Kabupaten Hulu Sungai Selatan akan menjadi satu dari sekian kabupaten dan kota yang akan menerima predikat UHC. Saya mengharapkan dengan penandatanganan perjanjian ini, semakin memperkuat sinergi dan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan jaminan dan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, khususnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan," ucap Maya usai memberikan apresiasinya terhadap komitmen Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam mendukung Program JKN-KIS, yang akan menjadi kabupaten kedua di Provinsi Kalimantan Selatan yang memperoleh predikat UHC.

 

Tak hanya itu, Maya juga berharap supaya langkah UHC ini dapat ditiru oleh kota dan kabupaten lain khususnya di Kalimantan Selatan, agar segera mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta JKN-KIS, sehingga kemudahan dalam mengakses pelayanan kesehatan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat setempat.

 

Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry  menyampaikan, bahwa akan dicapainya UHC di tanggal 1 Januri 2019 merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kesejahteraan dalam bidang kesehatan.

 

"Salah satunya dengan mendaftarkan 89.446 masyarakat menjadi peserta PBI APBD. Dan ini juga menjadi salah satu dukungan nyata kami terhadap keberlangsungan Program JKN-KIS,” tegas Fikry.

 

(KA/rz)


File :