Manfaat JKN-KIS dirasakan pensiunan

Penulis : Humas Dibaca : 417 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 19 Jan 2019 00:00:00

Tallunglipu (19/01/2019) - Jumlah Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada awal tahun 2019 telah mencapai angka lebih dari 216 juta peserta. Manfaat program ini diharapkan mampu menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sasaran Program JKN-KIS bukan hanya pada segmen pekerja tetapi juga segmen Bukan Pekerja, salah satunya adalah Pensiunan.

Daud (74) yang merupakan warga Kecamatan Tallunglipu adalah seorang pensiunan guru sejak 14 tahun yang lalu.  Beberapa kali ia sempat  merasakan manfaat Program JKN-KIS, salah satunya ketika ia didiagnosa peradangan lambung yang mengharuskannya untuk dirawat di rumah sakit.

“Saya sungguh merasa terbantu dengan kehadiran Program JKN-KIS ini. Pernah saya harus dirawat di rumah sakit selama hampir seminggu, dan saat itu saya tidak perlu memikirkan biaya pengobatan yang tergolong mahal karena semuanya sudah ditanggung BPJS Kesehatan,” kenang Daud.

Di hari tuanya kini ia sering mengalami gangguan kesehatan baik keluhan pada persendian  maupun masalah pencernaan yang mengharuskannya bolak-balik ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan baik rawat jalan maupun rawat inap. Sebagai seorang pensiun yang penghasilannya hanya datang dari gaji pensiunnya ia sangat bersyukur dengan kehadiran program JKN-KIS karena bisa mendapatkan pelayanan kesehatan jika sewaktu-waktu ia sakit. 

"Saya pensiunan yang hanya mengandalkan gaji pensiunan saja, sehingga  sangat bersyukur dengan adanya program ini karena jika berobat ke Puskesmas atau rumah sakit semuanya dijamin BPJS Kesehatan hanya dengan menunjukkan kartu KIS saja," ujarnya.

Bukan hanya Daud yang merasakan manfaatnya, tetapi keluarganya pun merasakan hal yang sama. Istrinya, Juliana mempunyai masalah saraf pada kakinya yang membuat dirinya susah berjalan. 

"Sejak mendapat pengobatan  setiap minggu kondisi kaki istri saya sudah semakin membaik dan bisa berjalan normal kembali,” tambah Daud.

Di akhir perbincangan tak lupa Daud mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, BPJS Kesehatan dan semua yang telah menyukseskan Program JKN-KIS ini.

"Terima kasih kepada BPJS Kesehatan, Pemerintah dan semua yang berperan dalam program ini, saya merasa sangat terbantu apalagi di hari tua saya, saya benar-benar merasakan manfaatnya. Pemeriksaan gratis, obat gratis, tes laboratorium pun gratis dan yang paling penting adalah kartu KIS dapat digunakan kapanpun dibutuhkan. Semoga program ini semakin baik dan manfaatnya bisa dirasakan semua orang,” tutupnya.

 


File :