Iuran Saya Bermanfaat Bagi Orang Lain

Penulis : Humas Dibaca : 340 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 13 Feb 2019 00:00:00

Polewali (13/02/2019) - Beroperasi sejak tanggal 01 Januari 2014, Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti yang diungkapkan oleh Lebrina AP (44) kepada tim Jamkesnews ketika diwawancarai ditengah-tengah kegiatannya.

 

Terdaftar pada segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) Swasta, ibu yang kerap disapa dengan nama ica ini memahami betul tentang sistem gotong rotong pada penyelenggaraan Program JKN-KIS.

 

“Puji Tujan kalau saya masih diberikan kesehatan, artinya iuran yang saya bayarkan lewat potongan gaji tiap bulan dapat bermanfaat bagi orang,” ungkap Ica, sapaan akrabnya.

 

Memasuki tahun ke-6 dalam penyelenggaraannya, Program JKN-KIS juga telah terbukti mampu membantu seluruh lapisan masyarakat baik masyarakat yang mampu secara finansial sampai dengan yang tidak mampu untuk mendapatkan jaminan dan kepastian dalam pelayanan kesehatan.

 

Lebih lanjut Ica menjelaskan bahwa dirinya juga pernah menggunakan kartu KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

 

“Kalau penggunaannya sendiri, kemarin saya sempat pakai waktu saya melahirkan anak kedua saya,” ucapnya.

 

Sebagai peserta yang terdaftar pada segmen PPU, Ica juga sudah mendaftarkan seluruh anggota keluarganya kedalam Program JKN-KIS. Ia menambahkan bahwa Program JKN-KIS memberikannya tambahan rasa aman sehingga tidak perlu lagi khawatir jika suatu waktu dirinya atau anggota keluarganya jatuh sakit.

 

“Jadi jika saya atau anggota keluarga saya jatuh sakit, saya tidak perlu lagi memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat,” akunya.

 

Saat ditanya mengenai pengalamannya ketika mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, Ica menerangkan bahwa seluruh pelayanan yang diberikan ia dapatkan tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya kembali.

 

“Sampai saat ini Puji Tuhan pelayanannya selalu baik,” tegas Ica.

 

Diakhir perbincangan Ica menghimbau bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS agar segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS. Dirinya juga berharap semoga kedepannya akan semakin banyak masyarakat yang dapat memahami pentingnya Program JKN-KIS ini karena Program ini telah terbukti dapat bermanfaat bagi banyak orang. (HS/ba)



File :