Richo Lega, Libur Lebaran Tetap Dapat Pelayanan JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 450 Kategori : Teknologi
Tanggal Posting : 06 Jun 2019 08:38:00

Samarinda – Raut wajah bahagia terpancar dari wajah Richo Anderson (31) karena bertepatan pada tanggal 2 Juni 2019, istri tercintanya Novi Taris Efendi (31) telah melahirkan secara normal anak pertama mereka dengan jenis kelamin perempuan yang sehat dan cantik.

Sang ibu dan bayi kini sedang menjalani rawat inap di RS Dirgahayu Samarinda untuk proses penyembuhan, dan apabila tidak ada kendala menurut dokter yang merawat hari Senin (3/6) Novi dan bayinya diperbolehkan untuk pulang.

Richo dan keluarga merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), ia bekerja di sebuah perusahaan dealer kendaraan bermotor di Kota Samarinda.

Richo sempat mengalami kekawatiran saat bagian adminstrasi rumah rakit menghubungi keluarga untuk menginformasikan bahwa bayi yang baru lahir segera didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS, karena ada beberapa tindakan medis yang akan diberikan kepada sang bayi. Ia mengatakan bahwa bila tidak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS maka biaya pengobatan bayinya akan menjadi beban pribadi dengan status sebagai pasien umum.

“Saya sempat merasa bingung karena sekarang sedang libur mudik lebaran apakah kantor BPJS Kesehatan buka, tapi berdasarkan informasi pihak rumah sakit ternyata kantor BPJS Kesehatan tetap buka,” ungkap Richo.

Setelah melengkapi beberapa berkas yang diperlukan Richo segera menuju Kantor BPJS Kesehatan Cabang Samarinda yang tak jauh dari rumah sakit tempat istri dan bayi cantiknya dirawat.

“Saya bersyukur sekali kantor BPJS Kesehatan tetap buka meski dalam suasana mudik lebaran, kami tetap mendapatkan pelayanan,” ungkap Richo lega.

Menurut Richo dengan dibukanya loket pelayanan saat libur mudik dan lebaran sangat membantu bagi kami terutama yang membutuhkan pelayanan dengan segera.

“Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada BPJS Kesehatan, semoga pelayanannya dapat dipertahankan,” ujarnya saat di temui Tim Jamkesnews di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Samarinda.

“Selama proses persalinan istri dan anak saya mendapat pelayanan yang baik dari rumah sakit, dari proses pendaftaran sampai dengan proses persalinan tidak sedikitpun kami mengeluarkan biaya, dan ini bukan kali pertama istri saya menggunakan JKN-KIS, disaat hamil tiga bulan sempat rawat inap karena mabok berat. Saya  puas dengan pelayanan yang diberikan, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang mengelola program JKN-KIS  dan telah membantu saya dan keluarga,” terang Richo.

Pelayanan khusus selama mudik lebaran tahun 2019 bagi peserta JKN-KIS di Kantor Cabang BPJS Kesehatan disediakan mulai tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 08.00 - 12.00 waktu setempat. Peserta bisa melakukan pendaftaran bayi baru lahir (khusus bagi peserta Pekerja Penerima Upah/PPU dan Penerima Bantuan Iuran/PBI), pencetakan kartu bayi baru lahir, perbaikan data dan pencetakan kartu peserta PBI yang sedang dirawat inap, re-aktivasi anak PPU berusia di atas 21 tahun yang masih kuliah dan sedang dirawat inap, dan penanganan pengaduan yang membutuhkan solusi segera.

Pelayanan khusus selama masa mudik lebaran ini diharapakan dapat membantu peserta dalam memperoleh akses layanan kesehatan baik di tingkat pertama maupun di tingkat rujukan dan juga merupakan komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS. Tetap pastikan status kepesertaan aktif dan jangan lupa download aplikasi Moblie JKN. (KA/ej)

File :