Lebih Berwarna Di Hari Tua Dengan Prolanis

Penulis : Humas Dibaca : 598 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 Jul 2019 16:58:25

Sampit - Masa tua atau masa senja adalah masa-masa dimana banyak orang berharap bisa menikmati hidup bersama keluarga tercinta. Masa dimana berkumpul bersama keluarga adalah yang sangat berharga dari hal apapun. Untuk bisa menikmati masa tua tentunya kesehatan fisik sangat dibutuhkan agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dan bercengkrama dengan keluarga seperti suami, anak dan cucu.

 

Lili Winarti (67), seorang Pensiunan ASN di wilayah Kota Sampit ini sangat enjoy dalam menjalankan aktivitasnya sehari-sehari, walaupun dirinya didiagnosa oleh dokter menderita hipertensi dan diabetes melitus (DM), dirinya tetap bersemangat untuk menjalankan aktivitasnya.

 

Sejak tergabung dalam klub Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) BPJS Kesehatan, dirinya sangat bersyukur dan termotivasi untuk selalu sehat karena Prolanis memberikan wadah bagi dirinya untuk bisa sharing informasi dan juga menambah pengetahuan terkait dengan pola hidup sehat.

 

“Program Prolanis sangat bermanfaat bagi kami, karena kita bisa sharing dengan sesama teman, tenaga kesehatan dan dokter dimana kita selalu diberikan informasi-informasi terkait dengan pengetahuan tentang kesehatan,” tuturnya.

 

Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan, dalam rangka memelihara kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal.

 

Wanita yang aktif di kegiatan Lansia Gereja dan kabupaten ini juga menyempaikan bahwa dengan keikutsertaan dalam program Prolanis membuat kehidupannya lebih berwarna, karena dirinya bersama komunitasnya di grup Prolanis bisa terus termotivasi untuk selalu manjaga pola hidup sehat. Selain itu, dengan tergabungnya dirinya menjadi salah satu anggota tentu bisa mengisi kegiatan di hari tuanya, karena banyak aktivitas yang dilakukan seperti senam, edukasi kesehatan dan pemantauan kesehatan.

 

“Saya bersyukur dengan bergabung ke dalam program Prolanis, saya bisa selalu menjaga kesehatan dengan berkonsultasi secara rutin ke dokter dan juga mendapatkan terapi untuk penyakit yang saya derita. Puji Tuhan, semua biayanya dijamin oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya senang.

 

Sampai dengan Juni 2019, telah terbentuk 70 Klub Prolanis di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Sampit. Diharapkan, dengan adanya klub prolanis BPJS Kesehatan, peserta yang tergabung bisa selalu termotivasi untuk menjalankan pola hidup sehat dan dapat dengan nyaman melakukan aktivitasnya sehari-hari. (KA/tr)



File :