Customer Visit, BPJS Kesehatan Malang Pastikan Peserta Terlayani Dengan Baik

Penulis : Humas Dibaca : 493 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 21 Jul 2019 09:18:00

Malang, Jamkesnews -  Dalam rangka menjaga kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan menyelenggarakan kegiatan customer visit kepada peserta JKN – KIS yang mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Bertempat di salah satu Rumah Sakit  di Kota Malang, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta,  Gandung Sudjatmiko didampingi petugas informasi dan penanganan pengaduan (PIPP) Kantor Cabang Malang Muhammad Alamsyah melakukan customer visit untuk melihat kualitas layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan terhadap peserta JKN-KIS yang mendapatkan pelayanan rawat inap.

Customer visit dilakukan dalam rangka menilai pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada peserta JKN-KIS, sebelumnya customer visit ini dinamakan kegiatan Walk Through Audit (WTA) yang dilakukan oleh verifikator BPJS Kesehatan terhadap peserta JKN-KIS yang mendapatkan pelayanan. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menyocokan dan mengaudit tagihan yang diajukan oleh fasilitas kesehatan apakah sesuai antara pemberian pelayanan kesehatan dengan catatan pengajuan klaim yang diajukan oleh faskes.

Customer visit saat itu mengunjungi peserta JKN-KIS Tri Sukasih yang mendapatkan pelayanan rawat inap di kelas III, Kamis (18/07). Ia baru saja keluar dari ruang ICU setelah mengalami sumbatan di jantungnya. Sejak lama ia menderita sakit jantung ini namun baru beberapa minggu kemarin kambuh.

“Meskipun kami kelas III tapi pelayanan yang diberikan rumah sakit sungguh baik sejak kami pertama kali masuk sampai rawat inap saat ini,” ujar Djaman, suami Tri Sukasih yang setia mendampingi sang istri yang masih belum sadar.

“Hasil customer visit yang dilakukan akan menjadi feedback langsung kepada manajemen rumah sakit, melalui feedback tersebut apabila terdapat keluhan peserta maka kami sampaikan kepada manajemen RS untuk segera menindaklanjuti keluhan dan masukan tersebut,” tambah Gandung.

 “Sekali lagi saya merasa terbantu dengan adanya Program JKN-KIS ini. Menurut saya program ini sangat membantu kami terutama untuk pembiayaan. Saya juga merasa senang BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan kunjungan seperti ini, benar- benar memastikan kalau kami terlayani baik. Mudah-mudahan kegiatan ini rutin terus dilaksanakan,” tutup Djaman. (ar/ep)


File :