JKN-KIS Kembalikan Harapan Hidup Nenek Julia

Penulis : Humas Dibaca : 257 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 Nov 2019 08:09:00

Karo, Jamkesnews – Julia Br Sembiring (82) tak mampu menahan tangisnya ketika menceritakan kisahnya bersama Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Rupanya program ini telah mendapatkan tempat spesial di hati Julia. Sejak tahun 2008 Julia sudah menderita penyakit komplikasi seperti hipertensi dan diabetes yang akhirnya berujung stroke ringan pada kedua kakinya. Di usianya yang sudah senja itu, tak ada yang lebih diinginkan Julia selain berada bersama orang terkasih yang mendampingi dirinya yang sudah tak mampu berjalan lagi itu.

Beruntung sang suami yang selalu menemani Julia. Dari mulai bangun pagi hingga kembali tidur di malam hari, semua kegiatan Julia diurus oleh suami tercinta. Bahkan ia pernah rela menggendong Julia ke Puskesmas saat penyakit hipertensinya kambuh. Namun sayang, yang dicinta pun akhirnya harus pergi menghadap sang pencipta pada tahun 2012. Kehilangan suami untuk selama-lamanya telah meredam semangat hidup Julia. Kini ia tinggal bersama anaknya yang tak bisa 24 jam menemaninya karena harus mencari nafkah untuk biaya hidup dan pengobatan Julia.

Sejak ditinggal sang suami, keadaan ekonomi Julia pun terasa semakin sulit. Terkadang ia harus menahan sakit karena tak mampu membeli obatnya yang telah habis. Namun akhirnya keadaan berubah jua. Seperti pepatah mengatakan habis hujan terbitlah pelangi, Julia dan anaknya menerima kartu KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) pada tahun 2014 lalu.

Sekarang Julia dapat berobat tanpa ragu seperti yang dialaminya sekarang di Rumah Sakit Amanda Berastagi pada Rabu (30/10). Meski dengan suara terbata-bata ia menyampaikan pada tim Jamkesnews bahwa dirinya sangat bersyukur dengan adanya program ini.

“Kalau tidak ada program ini sekarang pasti saya sedang di rumah, nggak ada uang buat berobat. Terima kasih, terima kasih, terima kasih,” ucapnya sambil menahan tangis.

Meski kini sang suami tak lagi di sampingnya, namun dengan hadirnya Program JKN-KIS  telah mengangkat beban Julia. Ia kini dapat berobat dengan tenang tanpa memikirkan biaya. Bahkan anaknya yang sedang menjaganya itu pun mengaku bahwa sekarang penyakit stroke Julia sudah perlahan membaik karena rajin kontrol dan terapi ke rumah sakit.

Dan akhirnya Program JKN-KIS telah kembali berhasil mengembalikan harapan hidup seseorang. (hf/cs)


File :