Ada JKN-KIS, Hormalinta Tak Lagi Berpikir Jual Harta Benda

Penulis : Humas Dibaca : 310 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 30 Nov 2019 09:59:00

Pematangsiantar, Jamkesnews - Sekarang ini, memiliki jaminan kesehatan saat ini adalah sebuah kewajiban, karena kita tidak akan pernah bisa memperkirakan kapan sakit akan datang. Itulah yang dipahami oleh Hormalinta Saragih (68), seorang wanita paruh baya yang kesehariannya bekerja sebagai pedagang di salah satu pasar tradisional Kota Pematangsiantar.

Ia adalah salah satu peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN yang ditanggung oleh Pemerintah Pusat sejak tahun 2017. Saat ditemui oleh tim Jamkesnews pada Senin (25/11) di Rumah Sakit Tiara Kasih Sejati Kota Pematangsiantar, Hormalinta mengatakan bahwa dirinya didiagnosa oleh dokter menderita penyakit jantung. Sampai saat ini telah menjalani rawat inap selama delapan hari di Rumah Sakit Tiara Kasih Sejati.

Hormalinta mengatakan bahwa ketika dilayani di rumah sakit pelayanan yang diberikan sangat baik. Semua pasien mendapatkan pelayanan yang sama baiknya, baik itu peserta JKN-KIS maupun pasien umum tetap diberlakukan sama.

“Saya puas saat dilayani dengan baik oleh dokter maupun petugas-petugas lainnya. Yang penting itu jika telah mengikuti prosedur pelayanan, baik di Puskesmas maupun di rumah sakit tentu pelayanannya juga pasti lancar,” ungkap Hormalinta

Hormalinta mengatakan sudah saatnya masyarakat bersyukur dengan adanya program pemerintah ini. Menurutnya jika menderita suatu penyakit tidak perlu repot mencari dana untuk berobat. Hanya dengan menunjukkan kartu KIS saja biaya berobat menjadi gratis alias nol rupiah.

“Dulu jika ada keluarga yang sakit bingung, harta benda apa yang harus dijual untuk membayar biaya berobat. Tetapi sekarang dengan didaftarkannya saya menjadi peserta JKN-KIS oleh pemerintah, tidak ada lagi pikiran menjual harta benda untuk biaya berobat,” ungkap Hormalinta.

Hormalinta berharap, ke depannya masyarakat kian sadar akan pentingnya memiliki kartu JKN-KIS ini karena dapat menjaga kestabilan ekonomi keluarga. Ia juga mengharapkan agar masyarakat mendukung juga program ini dengan cara rutin membayar iuran sehingga keberlangsungan dari pProgram JKN-KIS tetap terus ada.(hf/ah)


File :