Gak Perlu Khawatir, Ada Petugas BPJS SATU! Yang Siap Membantu

Penulis : Humas Dibaca : 2941 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 07 Jan 2020 10:17:00

Solok, Jamkesnews Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selalu berinovasi untuk meningkatkan kepuasan peserta, salah satunya dengan mengembangkan BPJS SATU! (Siap Membantu). 

BPJS Satu merupakan optimalisasi peran petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di Rumah Sakit melalui pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan Rumah Sakit.

Petugas BPJS SATU! BPJS Kesehatan Cabang Solok, Zetra Zulnadi menyampaikan bahwa BPJS SATU! bertujuan untuk kemudahan layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta. Bagi peserta yang berada di Rumah Sakit tidak perlu bingung jika mengalami kendala dalam berobat, karena kami hadir untuk memberikan kemudahan layanan informasi dan menyelesaikan kendala yang dihadapi peserta, ujar Zetra saat melaksanakan customer visit di RSUD Mohammad Natsir Kota Solok, Jumat (03/01).

Agar lebih mudah dikenali peserta, petugas BPJS SATU! Menggunakan rompi khusus berwarna kuning yang bertuliskan BPJS SATU!. Selain itu, petugas BPJS SATU! tidak hanya berada di loket, tetapi juga berkeliling di Rumah Sakit untuk menemui peserta yang membutuhkan informasi dan menyampaikan keluhan.

Kami langsung mendatangi peserta yang terlihat kebingungan, agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dan keluhan yang disampaikan peserta, sebisa mungkin segera kami selesaikan, ujar Zetra.

Salah satu peserta yang dikunjungi petugas BPJS SATU!, Adimora mengungkapkan dirinya sangat terbantu dengan hadirnya petugas BPJS SATU! di Rumah Sakit.

"Saya tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan data, sudah diselesaikan oleh petugas BPJS SATU!," ujar Adimora.

Disamping itu, Adimora juga mendapatkan informasi terkait rujukan dari petugas BPJS SATU!, karena sudah hampir 1 (satu) bulan Adimora terapi bicara di RSUD Mohammad Natsir akibat stroke ringan yang dideritanya. "Awalnya saya tidak bisa bicara, setelah terapi beberapa kali alhamdulillah sekarang sudah lancar bicara," ujar Adimora.

Tak lupa petugas BPJS SATU! juga mengajak Adimora untuk mendownload aplikasi mobile JKN agar mendapatkan kemudahan layanan informasi kedepannya. Lewat mobile JKN, peserta juga bisa melihat riwayat pelayanan kesehatannya. "Dan kalau lupa bawa kartu saat berobat, tinggal melihatkan kartu KIS digital. Hadirnya petugas BPJS SATU! diharapkan dapat membantu peserta di Rumah Sakit, sehingga tidak perlu khawatir ketika menemukan kendala saat berobat, karena sudah ada petugas BPJS SATU! yang siap membantu," tutup Zetra. (aw/ar)


File :