Urus JKN-KIS Tak Perlu Keluar Rumah, Cukup Telepon BPJS Kesehatan Care Center 1500 400

Penulis : Humas Dibaca : 5640 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 30 Mar 2020 06:44:35

Jakarta, Jamkesnews - Selama masa pandemi virus corona, BPJS Kesehatan telah mengalihkan beberapa kebijakan pelayanan administrasi bagi peserta JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Pengalihan ini dinilai mendapat respon positif dari masyarakat, baik yang sudah menjadi peserta Program JKN-KIS, maupun yang belum terdaftar.

“BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 adalah kanal alternatif bagi peserta JKN-KIS yang ingin melakukan transaksi pelayanan administrasi namun memiliki kendala dalam mengakses Kantor Cabang. Kami telah menyediakan kanal yang dapat memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan menyampaikan pegaduan kritik dan saran seputar JKN -KIS dengan cara menghubungi nomor 1500 400 ataupun interaksi langsung melalui media sosial resmi BPJS Kesehatan seperti Facebook, Instagram dan juga Twitter," kata Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Arief Syaefuddin, Jumat (27/03).

Ia menyebutkan bahwa jumlah penelepon yang dilayani oleh BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 berkisar antara 7.000-an panggilan per hari. Artinya, terjadi peningkatan rata-rata sekitar 40% dibandingkan jumlah panggilan sebelum adanya kebijakan pengalihan pelayanan kantor cabang selama penanganan virus corona. 

Arief menyampaikan, beberapa jenis layanan yang dapat dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 selain layanan informasi, antara lain penanganan pengaduan, pendaftaran peserta baru dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja (PBPU/BP), penambahan anggota keluarga peserta PBPU/BP, perubahan data peserta selain Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang mencakup NIK, nama, tempat/tanggal lahir, alamat domisili, nomor handphone atau alamat e-mail. Selain itu, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 juga melayani perubahan kelas perawatan peserta PBPU/BP, layanan bagi badan usaha, serta konsultasi kesehatan gratis melalui layanan konsultasi dokter.

“Bagi pengaduan yang sifatnya memerlukan koordinasi dengan kantor cabang BPJS Kesehatan ataupun stakeholder lainnya, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 memiliki sistem yang terhubung dengan kantor cabang. Dengan demikian, kantor cabang dapat segera menyelesaikan pengaduan tersebut sesuai dengan Standard Level Agreement (SLA) target waktu penyelesaian atas pengaduan tersebut,” imbuh Arief.

Menurut Arief, selain memastikan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 memberikan layanan prima kepada masyarakat, pihaknya juga senantiasa mengimbau dan mengedukasi masyarakat untuk mengutamakan kewaspadaan diri terhadap virus corona.

"Edukasi publik juga kita lakukan. Ada cara mudah bagi peserta yang sedang di rumah, namun ingin konsultasi dengan dokter. Peserta JKN-KIS bisa memanfaatkan fitur layanan konsultasi dokter melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dengan menekan nomor 3 setelah tersambung," ujarnya.

Selain memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, kanal lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS adalah aplikasi Mobile JKN yang menyediakan layanan mandiri untuk mengurus perpindahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pendaftaran autodebit bagi peserta PBPU, dan penyampaian informasi serta pengaduan layanan. 

(DA/to)



File :