Alternatif Layanan JKN-KIS di Tengah Wabah Corona

Penulis : Humas Dibaca : 1035 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 28 Mar 2020 10:15:00

Kendari, Jamkesnews - Penyebaran virus corona yang begitu cepat di Provinsi Sulawesi Tenggara menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat yang akan melakukan aktivitas normal sehari-hari dan membuat semua kegiatan yang berhubungan dengan khalayak umum terhambat. 

Seiring dengan ancaman penularan virus corona yang semakin meningkat, BPJS Kesehatan Cabang Kendari dan kantor kabupaten/kota kini memprioritaskan pelayanan kepesertaan melalui pelayanan mobile yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS dimanapun berada. Layanan mobile tersebut yaitu pelayanan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 serta melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh pada smartphone masing-masing peserta.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kendari Alamsyah mengungkapkan bahwa pelayanan kepesertaan JKN-KIS melalui mobile dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona tanpa mengurangi kualitas layanan kepada peserta dan masyarakat yang membutuhkan.

“Pelayanan kepesertaan JKN-KIS yang dilakukan di kantor cabang dan kantor jabupaten/kota untuk sementara terbatas pada pelayanan pengaduan yang membutuhkan penyelesaian segera, pelayanan bagi peserta PBI meliputi perubahan data peserta PBI (identitas, FKTP dan pendaftaran bayi baru lahir) dan bagi peserta non PBI pelayanan kepesertaan terbatas pada peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan segera (sudah/sedang/akan dirawat) di fasilitas kesehatan. Sebagai bentuk edukasi, informasi terkait pelayanan selama masa darurat virus corona ini telah dipasang di depan kantor cabang dan seluruh kantor kabupaten,” ungkap Alamsyah.

Selain melakukan pembatasan terhadap layanan kepesertaan di kantor cabang dan kantor kabupaten/kota, Alamsyah juga menyampaikan beberapa layanan BPJS Kesehatan untuk sementara ditiadakan, seperti pelayanan Mobile Customer Service (MCS), sosialisasi/pemberian informasi langsung melalui forum pertemuan dan kegiatan lainnya yang melibatkan pengumpulan banyak orang di satu lokasi guna meminimalisir kontak langsung dengan masyarakat.

Salah satu peserta yang mengunjungi Kantor Cabang Kendari, Maulana, mengatakan sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam melayani peserta.

"Pelayanan mobile seperti ini, untuk saat ini memang sangat dibutuhkan. Saya tadi sudah unduh aplikasi Mobile JKN, ternyata layanan administrasi BPJS Kesehatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan," katanya.

 (nf)


File :