Utamakan Keamanan, BPJS Kesehatan Makale Lengkapi Petugas Dengan APD

Penulis : Humas Dibaca : 469 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 12 May 2020 15:38:41

 

Makale Utara, Jamkesnews – Dari awal pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Makale telah menerapkan protokol tanggap Covid-19 sesuai dengan standarisasi yang ada. Protokol ini pun terus-menerus dibenahi melihat kondisi yang masih belum stabil dan peningkatan kasus positif yang masih terus terjadi. Berbagai cara dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus salah satunya adalah dengan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

 

"Salah satu yang menjadi perhatian utama kami adalah pada petugas pelayanan sebagai garda terdepan yang memberikan pelayanan dan interaksi langsung dengan peserta,” ujar Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Kantor Cabang Makale, Mahardika Salam, Rabu (06/05).  

 

Mahardika menambahkan bahwa saat ini BPJS Kesehatan Cabang Makale telah menyediakan face shield yang wajib digunakan oleh security yang bertugas untuk memastikan pencegahan penularan virus melalui droplets di samping menggunakan masker dan sarung tangan. Selain itu, pembenahan APD dengan pemasangan pembatas dari acrylic pun akan dilakukan pada frontliner dan service officer untuk memastikan kontak pelayanan masih dalam batas aman.

 

“Hingga saat ini pelayanan di BPJS Kesehatan masih terus terbuka untuk peserta dengan ketentuan layanan yang bersifat mendesak. Hal ini menjadi komitmen BPJS Kesehatan untuk tetap menjaga kualitas layanan kepada peserta. Namun beberapa protocol tanggap Covid-19 akan kami jalankan dan terus kami benahi guna meminimalisir penyebaran virus Corona.” tambahnya.

 

Ia juga menyampaikan agar peserta yang datang ke kantor BPJS Kesehatan dapat mengerti dan mengikuti protokol yang telah diterapkan antara lain pengecekan suhu, penggunaan masker, cuci tangan, dan mengatur jarak aman wajib dilaksanakan di lingkungan BPJS Kesehatan baik oleh peserta maupun pegawai yang bertugas.

 

Rian, salah seorang peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang datang berkunjung untuk mengurus keperluannya yang urgen, mengapresiasi protokol yang sudah diterapkan hingga saat ini di lingkungan BPJS Kesehatan.

 

“Dari awal saya masuk saya melihat ada imbauan agar kami peserta menggunakan masker. Lalu juga disediakan wastafel cuci tangan. Kemudian pemeriksaan suhu badan oleh security yang menggunakan APD lengkap. Setelah semuanya alurnya dilalui maka bisa dilayani oleh petugas. Dalam ruangan pun disediakan handsanitizer dan ada juga stiker jarak penanda pada kursi tunggu. Hal ini setidaknya memberikan kami rasa aman ketika memerlukan pelayanan langsung di kantor. Saya apresiasi layanan yang masih dibuka dengan protokol yang sudah diterapkan saat ini,” ujarnya.

 

 


File :