Siap Siaga Antisipasi Covid-19 dan Tetap Berikan Pelayanan JKN-KIS Terbaik

Penulis : Humas Dibaca : 413 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 25 May 2020 11:11:00

Sukabumi, Jamkesnews – Di tengah masa pandemi covid-19 yang belum berakhir, pemerintah Indonesia telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membatasi seluruh kegiatan masyarakat guna untuk mengakhiri penyebaran virus tersebut. Meski begitu, BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang memberikan pelayanan terus membuka akses kepada masyarakat yang ingin mendapatakan pelayanan kepesertaan JKN-KIS.

Seperti yang terpantau oleh tim Jamkesnews di kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Jumat (22/05), seluruh duta BPJS Kesehatan mulai dari pelayanan di garis depan yaitu petugas keamanan atau satpam serta petugas frontliner selalu siap memberikan pelayanan terbaik untuk peserta atau calon peserta yang datang. Dengan tetap menerapkan antisipasi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19) sesuai himbauan pemerintah, satpam yang bertugas sigap melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan alat Thermal Gun ke setiap orang yang datang, baik itu peserta atau calon peserta dan kepada pegawai yang piket atau Work From Office (WFO).

“Kami mengikuti keputusan pemerintah terkait perubahan penetapan cuti bersama dengan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan selalu mengutamakan protokol pencegahan Covid-19 sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Kepala Bidang SDMUKP BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Krisnawati.

Ia juga meneybut, sesuai keputusan pemerintah mengenai perubahan penetapan tanggal 22 Mei 2020 yang awalnya sebagai hari cuti bersama menjadi tetap sebagai hari kerja, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi pun tetap berkomitmen untuk membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin mengakses pelayanan. Bukan hanya di kantor, Krisnawati juga menyebut masyarakat juga dapat mengakses layanan tersebut dengan memanfaatkan layanan digital yang dapat diakses menggunakan smartphone.

"Meski ada perubahan hari libur, har ini kami akan tetap berkomitmen mengikuti anjuran pemerintah dan berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat. Kini, masyarakat tidak hanya dapat mengakses layanan di kantor, namun mereka dapat mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS dengan layanan digital, seperti Mobile JKN, layanan CHIKA dan VIKA dan lain sebagainya," tambahnya.

Edi Nugroho, salah satu calon peserta JKN-KIS yang ditemui oleh tim Jamkenews mengapresiasi tanggapnya para petugas yang melayani. Apalagi, di tengah masa pandemi, BPJS Kesehatan Sukabumi tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tidak ada satu pun pelayanan yang tidak maksimal.

“Tadinya saya khawatir kantor BPJS Kesehatan Sukabumi itu tutup, tapi ternyata tidak. Pelayanannya tetap maksimal dengan informasi – informasi yang terkini. Dan ternyata mendaftar jadi peserta dan mendapatkan informasi yang update tentang JKN-KIS sekarang lebih mudah karena bisa secara online, cocok dengan kondisi pandemi corona yang sama-sama kita hadapi sekarang," ungkap Edi.

Pelayanan JKN-KIS secara online yang dimaksud oleh Edi adalah penyesuaian alur pelayanan peserta yang semula dilakukan di kantor cabang, sekarang dapat memanfaatkan kanal – kanal pelayanan yang memanfaatkan akses teknologi secara digital, seperti Aplikasi Mobile JKN, Aplikasi CHIKA VIKA, dan Care Center 1500 400. Informasi mengenai kemudahan pelayanan ini selalu disampaikan oleh satpam dan petugas frontliner kepada peserta yang datang untuk memanfaatkannya sesuai kebutuhan pelayanannya. (BS/ne)


File :