Berkat JKN-KIS, Maryam Tenang Menjalani Perawatan Stroke di Rumah Sakit

Penulis : Humas Dibaca : 370 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 13 Sep 2020 07:14:00

Parepare, Jamkesnews – Maryam Aminah (77) merupakan isteri pensiunan TNI yang saat ini menjalani pengobatan rawat jalan karena penyakit stroke yang ia derita. Maryam menyadari bahwa meskipun saat ini umurnya tidak muda lagi, akan tetapi semangatnya untuk berobat tidak boleh dikalahkan oleh rasa putus asa.

Saat ditemui oleh Jamkesnews, Rabu (09/09), Maryam menceritakan pengalamannya saat pertama kali ia dirawat di Rumah Sakit  TK. IV Dr. Sumantri Parepare pada tahun 2018 dan divonis menderita stroke.

“Mulanya sekujur tubuh saya kaku dan tidak bisa berkomunikasi seperti biasa. Saya langsung di bawa ke IGD Rumah Sakit Dr. Sumantri dan dokter mendiagnosa bahwa saya menderita stroke. Saya sempat sangat khawatir memikirkan biaya, tapi ternyata seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh Program JKN-KIS asal sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ungkap Maryam.

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti dimana kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan. Stroke dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi bila tidak segera ditangani, dan sebagian besar komplikasi tersebut berakibat fatal.

Maryam merasa sangat beruntung dengan adanya Program JKN-KIS ini. Sekarang ia harus menjalani pengobatan rutin rawat jalan. Menurutnya pelayanan yang ia dapatkan di rumah sakit sudah cukup baik.

“Alhamdulillah selama menjalani perawatan, saya mendapat pelayanan yang cukup baik, dokter yang melayani kami ramah serta belum pernah kami membayar apapun untuk tambahan pengobatan termasuk obat tidak pernah kami disuruh beli,” lanjutnya.

Dengan manfaat yang ia rasakan, Maryam merasa bahwa Program JKN–KIS ini merupakan sebuah kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mengingat risiko penyakit yang bisa datang sewaktu–waktu. Ia pun berharap, Program JKN–KIS dapat terus berlanjut, sehingga menjadi penolong bagi masyarakat Indonesia yang memerlukan pelayanan kesehatan secara rutin. (NU)


File :