6 Tahun Cuci Darah Saya Ditolong JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 270 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 09 Jan 2021 00:00:00

 

Bojonegoro, JAMKESNEWS – Sakit datang tidak pernah melihat usia baik tua maupun muda dapat tertimpa musibah. Begitu juga dengan yang dialami Vincentius Aditya Bayu K. Asal Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kabupaten Bojonegoro yang mengalami gagal ginjal sejak 5 Januari 2014 silam. Gagal ginjal yang dialami Vincent ini disebabkan oleh gaya hidupnya yang tidak sehat. Ia sering mengkonsumsi minuman ringan namun tidak diimbangi dengan cukup konsumsi air putih, akibatnya kini dia harus menjalani cuci darah seumur hidupnya.

 

“Saya kini harus menjalani cuci darah secara rutin seminggu dua kali, pada hari Selasa dan Jumat di RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, dan ini sudah rutin saya jalani mulai dari tahun 2014 sampai dengan sekarang kurang lebih sudah 6 tahun,” ujar Vincent.

 

Beruntunglah sejak adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Vincent tidak lagi membebani orang tuanya dengan biaya perawatan cuci darah yang dilakukan seminggu dua kali. Sebab semua biaya cuci darah sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

 

“Semua biaya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan, cuci darah, obat-obatan, transfusi darah, semua gratis,” tuturnya.

 

Begitu mendapat informasi, Vincent langsung mendaftar sebagai Peserta BPJS Kesehatan pada Januari 2014 lalu. Iuran yang dia bayarkan perbulannya hanya Rp 150.000,- untuk hak perawatan kelas I. Vincent pun mengaku puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.

 

“Cukup memuaskan semua dokter dan perawatannya baik,” ungkapnya.

 

Tidak lupa Vincent mengungkapkan rasa syukurnya karena adanya BPJS Kesehatan ini dan berterimakasih kepada seluruh peserta yang telah ikut bergabung kedalam program JKN dan rutin membayar iuran setiap bulannya. Dia berharap BPJS Kesehatan ke depannya akan semakin baik dan bisa membantu orang launyang membutuhkan layanan kesehatan seperti dirinya.

 

Selain mendukung program JKN Vincent juga berharap kepada seluruh peserta BPJS Kesehatan lainnya agar tetap kontinyu rutin disiplin membayar iuran secara rutin untuk membantu peserta lain yang membutuhkan perawatan kesehatan seperti dirinya. (ar/wr)


File :