Makna JKN-KIS bagi Yakomina dan Buah Hatinya

Penulis : Humas Dibaca : 118 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 30 Apr 2021 10:29:48

 

Boven Digoel, Jamkesnews - Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), khususnya bagi wanita hamil yaitu bisa menggunakan kartu JKN-KIS untuk periksa kehamilan dan melahirkan. Banyak pasien persalinan peserta JKN-KIS mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan selama proses persalinan, baik secara normal maupun melalui operasi caesar. Pasien persalinan peserta JKN-KIS benar-benar terbantu dengan adanya layanan kesehatan ini, mulai dari tindakan proses melahirkan, rawat inap pasca melahirkan hingga pasien benar-benar dinyatakan pulih.

 

Seperti yang diungkapkan oleh Yakomina Senfagi (18), warga Distrik Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, yang direkomendasikan dokter untuk dilakukan operasi caesar. Pasca melahirkan, Yakomina dan buah hati diharuskan rawat inap untuk memulihkan kondisinya selama tiga hari sampai dinyatakan sehat dan bisa pulang kembali ke rumah.

 

"Sangat senang sekali, akhirnya anak pertama perempuan yang kami tunggu selama sembilan bulan lahir dengan selamat. Namun, saya dan anak saya diharuskan untuk menjalani perawatan lebih lanjut, agar pemulihan kondisi baik dan bisa dipulangkan," kata Yakomina, Selasa (27/04).

 

Yakomina dan suami mengaku sempat merasa khawatir mengingat biaya operasi yang terbilang mahal, belum lagi biaya kamar dan obat-obatan selama rawat inap. Akan tetapi kekhawatiran tersebut sirna, sebab Program JKN-KIS menjamin seluruh biaya sampai dengan Yakomina dan putrinya dinyatakan sehat dan boleh pulang kembali ke rumah.

 

“Ini merupakan operasi pertama saya menggunakan kartu JKN-KIS, jadi awalnya sempat ragu juga apakah benar nanti tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Belum lagi terbayang prosedurnya yang rumit, namun ternyata setelah dijalani semua prosesnya mudah dan memang sama sekali tidak dikenakan biaya untuk seluruh tindakan medis yang saya terima,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Yakomina pun menyampaikan bahwa pelayanan pihak rumah sakit kepada pasien peserta JKN-KIS sangat baik, tidak ada perbedaan dengan pasien non JKN-KIS. Proses persalinan berjalan dengan lancar dan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Dokter dan para perawat juga sangat ramah dan baik dalam memberikan pelayanan.

 

“Bagi saya Program JKN-KIS ini luar biasa maknanya, memiliki kartu JKN-KIS ini sangat penting. Kartu ini yang membuat saya dan keluarga tenang, karena kita tidak tahu apa yang terjadi pada hidup kita karena sakit bisa datang kapan saja. Dengan kartu JKN-KIS, kekhawatiran itu sirna,” ujarnya. (TR/ar)


File :