Layanan Online PANDAWA Permudah Kebutuhan Peserta JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 299 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 May 2021 05:28:00

Makale, Jamkesnews – Sepanjang tahun 2021, BPJS Kesehatan terus berupaya mengoptimalkan layanan non tatap muka melalui berbagai inovasi yang dikembangkan. Salah satunya melalui aplikasi yang sangat familiar di masyarakat yaitu Whatsapp dengan mengeluarkan layanan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA).

Frederikus (23), seorang peserta JKN-KIS asal Pangala’, saat ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Makale bermaksud mengecek kepesertaan anggota keluarganya sekaligus menambahkan anggota keluarga yang belum terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS.

Pada kesempatan tersebut, Fransiskus mengakui diberitahu jika terdapat salah seorang anggota keluarganya yang belum terdaftar dalam penerima bantuan iuran dari pemerintah. Karenanya, untuk sementara, sambil mengusulkan ke Dinas Sosial, ia memutuskan untuk mendaftarkannya menjadi peserta segmen PBPU. Selama ini ia telah merasakan manfaat Program JKN-KIS sehingga tidak ragu lagi mendaftarkan seluruh anggota keluarganya menjadi peserta.

“Saat itu saya tidak membawa kelengkapan berkas namun saya diberitahu bahwa BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan online yang bisa diakses jika ingin melakukan daftar baru. Selain itu rupanya BPJS Kesehatan juga telah memberlakukan layanan autodebet jadi tidak perlu khawatir lagi jika ingin membayar iuran tapi terkendala akses pembayaran apalagi daerah saya yang cukup jauh dari kota,” ujarnya, Selasa (27/04). 

Untuk layanan non tatap muka, BPJS Kesehatan telah memfasilitasi peserta melalui penguatan layanan digital dan layanan telepon, diantaranya PANDAWA, layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400, hingga Mobile JKN sehingga peserta lebih dimudahkan karena dapat mengakses pelayanan administrasi kapan pun dan di mana pun.

“Cukup banyak pilihan layanan online yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pendaftaran mandiri saya menggunakan layanan aplikasi WA karena lebih mudah dan sama seperti layanan di kantor karena langsung dilayani oleh petugas hanya saja bedanya melalui chat. Cukup dengan mengikuti instruksi dan alur pelayanan, peserta dapat dilayani oleh petugas,” tambahnya.

Adapun layanan yang dapat diakses oleh peserta melalui PANDAWA berupa pendaftaran peserta JKN-KIS baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), melakukan penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, serta pengaktifan kembali JKN-KIS.  Diharapkan melalui kanal layanan tersebut, hak peserta dalam mendapatkan kemudahan layanan dapat terpenuhi.


File :