JKN-KIS buat Masyarakat Bisa Akses Layanan Kesehatan Tanpa Terbebani Biaya

Penulis : Humas Dibaca : 629 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 Jun 2021 00:00:00
Luwu, Jamkesnews – Manfaat menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) nyata dirasakan oleh Elmita Salaga (27). Wanita yang terdaftar sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) PNS Daerah ini pun menceritakan pengalamannya selama menggunakan layanan Program JKN-KIS kepada Jamkesnews, Jumat (28/05).

“Saya pernah sakit dan sempat 2 kali harus keluar masuk rumah sakit dan harus kontrol selama kurang lebih 1 bulan. Tidak pernah terbayangkan apabila saya tidak memiliki kartu JKN-KIS, berapa besar biaya yang harus saya keluarkan untuk semua perawatan saat itu. Untungnya dengan Program JKN-KIS semua biaya ditanggung sepenuhnya,” ungkap Elmita.

Diakui Elmita bahwa alur prosedur untuk mengakses layanan Program JKN-KIS tidaklah sulit. Selama mengikuti semuanya sesuai ketentuan yang berlaku, peserta Program JKN-KIS seperti dirinya akan dengan mudah merasakan manfaat layanan kesehatan dari Program JKN-KIS.

Hingga saat ini, ketika jatuh sakit, Elmita tetap mengandalkan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat ke dokter keluarga yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dimana dirinya terdaftar. Elmita menyampaikan bahwa baik pelayanan di rumah sakit maupun dokter keluarga sangat baik tanpa membeda-bedakan dengan pasien umum atau pasien peserta asuransi swasta lainnya.

“Sampai saat ini pun ketika saya sakit saya biasa ke dokter praktik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Saya rasa pelayanan yang saya dapatkan selama menjadi peserta Program JKN-KIS baik dan tidak ada hal-hal yang saya dapatkan berbeda dengan pasien lainnya yang tidak menggunakan layanan JKN-KIS,” jelas Elmita.

Secara pribadi ia sangat menyayangkan bila masih ada masyarakat yang belum sadar betul akan manfaat dan keuntungan menjadi peserta Program JKN-KIS. Sebelum ada Program JKN-KIS, masyarakat yang kurang dari sisi ekonomi pastinya akan berpikir dua kali sebelum mengakses layanan kesehatan. Namun kini, menurut Elmita, dengan hadirnya Program JKN-KIS masyarakat mendapatkan kebebasan untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun dan di mana pun tanpa terbebani biaya. (nf/va)


File :