Program JKN-KIS Telah Menjadi Kebutuhan Dasar Keluarga

Penulis : Humas Dibaca : 292 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 06 Jun 2021 07:17:00

Balikpapan, Jamkesnews - Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah menjadi kebutuhan dasar bagi wawan dan keluarga. Imam Ghozali merupakan salah satu warga Kota Balikpapan yang telah memanfaatkan program JKN-KIS dalam kebutuhan penjaminan biaya saat mengakses layanan kesehatan. Banyak manfaat yang ia rasakan ketika dirinya terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Salah satunya ketika istrinya melakukan proses persalinan anak ketiganya. 

“Saya menjadi peserta BPJS Kesehatan karena program ini telah menjadi kebutuhan dasar bagi saya dan keluarga. Sewaktu saya atau keluarga sakit, BPJS Kesehatan ini sangat membantu. Saya tidak perlu khawatir lagi soal biaya di rumah sakit. Apalagi sewaktu istri saya melahirkan anak ketiga, alhamdulillah semua terlayani dengan baik dan tanpa ada biaya sedikitpun. Begitu juga dulu sewaktu anak saya sakit demam berdarah dan harus rawat inap, semuanya tanpa biaya. Saya merasa terbantu dan saya mengucapkan terimakasih kepada BPJS Kesehatan,” ujar Imam Ghozali saat dikunjungi di kediamannya, Rabu (02/06). 

Disisi lain, ia mengungkapan dalam era program JKN-KIS kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan lebih mudah jika dibandingkan dengan dahulu sebelum adanya program JKN-KIS. Sebagai informasi, jumlah angka fasilias kesehatan mitra BPJS Kesehatan sampai dengan Mei 2021 terdapat  sebanyak 26.810 fasilitas kesehatan baik itu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). 

“Dibanding dengan dahulu, jelas lebih mudah pada saat adanya BPJS Kesehatan ini. Pada saat ke rumah sakit atau ke Puskesmas, kita tidak perlu lagi mikir soal biaya dan juga kita tidak perlu takut untuk berobat. Kita juga tidak tahu kapan kita sakit. Yang terpenting kita tidak lupa untuk memenuhi kewajiban untuk membayar iurannya,” lanjut Imam Ghozali. 

Besar harapannya program JKN-KIS selalu memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia serta ia mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis yang telah memberikan pelayanan yang sangat baik kepada para peserta JKN-KIS.


File :