Berada di Timur Laut Pulau Kalimantan, Slamet Rasakan Manfaat Program JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 243 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 11 Jun 2021 16:48:58

Maratua, Jamkesnews - Keberadaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga negara Indonesia. Tak terkecuali Warga Negara Indonesia yang tinggal jauh dari pusat pemerintahan.

Slamet Hariyanto merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang kini berdomisili di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Selama adanya program JKN-KIS dikelola BPJS Kesehatan, ia tak pernah merasa kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan. Pasalnya, di pulau tersebut terdapat fasilitas kesehatan yang siap melayani seluruh peserta JKN-KIS. Saat diwawancarai di tempat bekerjaanya, banyak manfaat program JKN-KIS yang dirasakan olehnya, rekan kerjanya dan keluarganya.

“Banyak manfaat yang saya dapatkan khusunya sewaktu istri saya melakukan pengobatan karena kecelakaan. Waktu itu pengobatannya dirujuk ke rumah sakit di Kabupaten Berau. Namun masih diperlukan perawatan lebih lanjut, akhirnya dirujuk lagi kerumah sakit di Kota Balikpapan dan diharuskan untuk pasang pen di kakinya. Alhamdulillah seminggu dirawat di sana, tidak ada bayar sedikitpun.  Dalam pelayanannya pun, saya rasa sudah cukup baik. Tentunya sekarang dengan adanya BPJS Kesehatan kita diberikan kemudahan, sekarang tinggal menunjukan kartu JKN-KIS semua beres. Apalagi di tempat ini, alhamdulillah ada Puskesmas Maratua yang melayani rawat inap juga. Beberapa karyawan disini juga banyak yang memanfaatkan kartunya untuk berobat,” ujar Slamet.

Saat ini ia berkerja sebagai salah satu pimpinan di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Kesehariannya melayani para tamu yang melakukan perjalanan wisata di Pulau Maratua. Pulau Maratua merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kalimantan Timur, yang posisinya terletak di ujung timur laut Pulau Kalimantan. Walaupun terletak di pulau terluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, program JKN-KIS tetap hadir dalam menjamin kemudahan akses layanan kesehatan warga Indonesia.

“Saya harap BPJS Kesehatan ini dapat terus membantu masyarakat, apalagi kebanyakan masyarakat di maratua ini dapat bantuan iurannya langsung dari pemerintah. Secara umum di Maratua ini, adanya BPJS Kesehatan sangat membantu,” ungkap Slamet.(KA/yo)


File :