Ikut Klub Prolanis, Banyak Manfaatnya

Penulis : Humas Dibaca : 542 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 05 Jan 2022 00:00:00

Cimahi, Jamkesnews - Ahmad Mulyana (72) mengaku mendapat berbagai manfaat setelah bergabung dan aktif dalam Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) sejak beberapa tahun silam di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Cibeureum, Kota Cimahi yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

Dia sendiri merupakan penderita hipertensi. Sedangkan istrinya, yang juga anggota Klub Prolanis, menderita stroke ringan sejak 3 tahun silam. Manfaat yang diperoleh Mulyana antara lain saling tukar informasi tentang kesehatan khususnya seputar penyakit kronis atau Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Kegiatan di klub sangat bagus bagi saya. Saya jadi bisa saling tukar cerita seputar masalah kesehatan dengan sesama anggota dan penderita. Jadi timbul rasa saling memahami dan peduli di antara kami. Rasanya bersemangat punya kawan-kawan seperjuangan," kata Mulyana saat ditemui di kediamannya, Jumat (31/12).

Laki-laki yang memiliki 3 orang anak dan 7 cucu tersebut mengaku kondisi kesehatannya saat ini menjadi jauh lebih baik. Hal tersebut karena selain dimotivasi oleh rekan-rekannya sesama anggota klub, Mulyana juga tidak pernah absen berolahraga sendiri.

"Saya suka jalan-jalan. Setiap pagi saya selalu menyempatkan diri berjalan kaki. Keliling saja di sekitar lingkungan rumah. Alhamdulillah kondisi kesehatan saya stabil sampai sekarang," ujar Mulyana.

Mulyana mengatakan, dengan kondisinya yang sehat dan bugar dirinya dapat merawat dan menjaga sang istri yang saat ini menderita stroke.

"Istri saya sekarang usianya 65 tahun dan sudah berjuang melawan stroke selama 3 tahun. Alhamdulillah saya masih sehat dan dapat merawat istri sampai sekarang. Mudah-mudahan selalu sehat seperti ini," harap Mulyana.

Mulyana pun mengatakan bahwa jaminan kesehatan yang dihadirkan pemerintah melalui Program JKN-KIS sangat membantu dirinya dan istri selama ini. Dengan JKN-KIS, biaya perawatan untuk istri Mulyana pun menjadi lebih ringan. Istrinya juga mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai standar, baik di FKTP maupun di rumah sakit

"Di tambah dengan manfaat yang didapat dari Klub Prolanis ini, kondisi saya dan istri menjadi lebih terkontrol dan diperhatikan. Semoga JKN-KIS bisa terus ada kedepannya dan memberikan pelayanan yang semakin baik lagi," ujarnya. (BS/dh)

File :