Sudinkes Ddn Puskesmas di Wilayah Jakarta Utara Tingkatkan Mutu Layanan Dengan Kolaborasi

Penulis : Humas Dibaca : 247 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 26 Jun 2022 05:23:00

Jakarta Utara, Jamkesnews – Untuk memastikan peserta JKN mendapatkan mutu layanan yang baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) khususnya di Puskesmas, diperlukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) di Puskesmas . Bertempat di Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara melakukan pertemuan koordinasi bersama dengan Kepala Sudinkes Jakarta Utara beserta Kepala Puskesmas Kecamatan di wilayah Jakarta Utara, Jumat (24/06).

“Mutu layanan kepada peserta JKN dapat dilihat dari kinerja FKTP melalui pelaksanaan KBK, melalui capaian dan hasil evaluasi terhadap kendala yang dialami serta dampak oleh FKTP. Kami sampaikan kembali indikator KBK yang harus dicapai yaitu angka kontak komunikasi, rasio rujukan non spesalistik, dan indikator rasio peserta prolanis terkendali,” ujar Kepala Bidang Jaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Jakarta Utara, Vernanda Dosiema.

Vernanda mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini sudah terjalin sinergi dan komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan Puskesmas. Jika ada kendala di lapangan diselesaikan bersama, paling tidak wilayah Jakarta Utara mencapai nilai baik dan menunjukkan persaingan sehat dengan wilayah lainnya.

“Harapannya kita saling memantau apa yang menjadi komitmen bersama antara Sudinkes, BPJS Kesehatan dan Puskesmas untuk mempunyai pemahaman yang sama dalam menjalankan Program JKN, untuk mewujudkan pelayanan kesehatan berkualitas bagi peserta JKN,” ujar Vernanda.

Kepala Sudinkes Jakarta Utara, Lysbeth Regina Panjaitan yang baru saja dilantik menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini hubungan antara BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara serta Puskesmas sudah bekerjasama dengan baik dan saling berkontribusi dalam pelaksanaan Program JKN. Lysbeth memastikan Puskesmas akan tingkatkan mutu layanan diiringi dengan kolaborasi yang baik dengan BPJS Kesehatan.

“Kita bisa mencapai hal yang maksimal dengan memiliki tim yang kuat, dan kolaborasi dengan BPJS Kesehatan saling bergandeng tangan. Semoga capaian ini bisa maksimal untuk meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN. Cari kendala dan permasalahan, dan mencari solusi bersama. Tugas FKTP adalah menjaga yang sehat tetap sehat dan yang sakit tidak menjadi berat. Saya harapkan kita untuk tetap bekerja sama untuk sekarang dan seterusnya,” ujar Lysbeth. (rg)


File :