Corporate Reputation Awards 2022, Bukti BPJS Kesehatan Sukses Jalankan Fungsi Kehumasan

Penulis : Humas Dibaca : 313 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 01 Aug 2022 00:00:00

Jakarta (29/07/2022) – Pengelolaan komunikasi publik yang dilakukan BPJS Kesehatan berhasil mendapat penghargaan Corporate Reputation Awards 2022 kategori Asuransi Sosial dalam acara Corporate Reputation Awards 2022 (3rd Anniversary) dan PR Strategy Awards 2022 yang diselenggarakan oleh The Iconomics Research Consulting, Jumat (29/07).

Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan BPJS Kesehatan yang telah sukses memainkan peran public relation (PR) untuk membangun citra organisasi dalam menjalankan program yang telah dijalankan oleh perusahaan.

“Keberadaan humas dalam sebuah organisasi dinilai sangat penting untuk membangun citra organisasi di mata publik. Apalagi dengan perkembangan media saat ini, peran humas juga sangat menentukan dalam mengelola informasi di berbagai media mainstream dan media sosial,” ungkap Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti.

Dirinya mengatakan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk terus memperkuat fungsi komunikasi publik, khususnya di seluruh daerah terhadap penyebaran informasi terkait Program JKN. Menurutnya, kemampuan komunikasi terhadap masyarakat juga sangat berpengaruh terhadap informasi yang disampaikan.

Di samping itu, ia menyebut BPJS Kesehatan juga senantiasa berupaya memanfaatkan berbagai media mainstream dan media sosial sebagai alat untuk penyebaran informasi. Dengan adanya pertumbuhan media, baik media mainstream maupun media sosial, Ghufron menilai sangat perlu bagi setiap organisasi untuk memanfaatkan fungsi media untuk terus memproduksi konten yang cocok untuk jenis media yang digunakan dan sasaran yang dituju sebagai bentuk edukasi kepada peserta.

“Kami selalu menekankan bahwa peran humas untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat, mulai dari informasi yang disampaikan di media mainstream hingga melalui media sosial. Ini merupakan wujud nyata komitmen BPJS Kesehatan untuk selalu memperkuat fungsi kehumasan agar dapat menjawab kebutuhan peserta. BPJS Kesehatan sangat mengapresiasi dan menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk tidak berhenti melakukan inovasi dan berupaya meningkatkan pengelolaan Program JKN dan mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat," kata Ghufron.

Dalam penghargaan yang diberikan, penilaian reputasi perusahaan dilakukan berdasarkan riset secara online dan meliputi berbagai parameter yaitu, Business & Commercial Reputation, People & Leadership Reputation, dan Social & Citizenship Reputation.

File :