Pakai JKN, Semua Pelayanan di Rumah Sakit Berjalan Lancar Tanpa Biaya

Penulis : Humas Dibaca : 259 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 24 Nov 2022 15:41:36

Gianyar, Jamkesnews – I Dewa Putu Budiarta (46) yang sering disapa Dewa nampak semringah saat dikunjungi tim Jamkesnews di rumahnya yang terletak di Desa Dauh Uma, Gianyar, Senin (21/11). Ia dengan senang hati menceritakan pengalamannya menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat berobat. Di keluarganya, Dewa yang terakhir kali memanfaatkan JKN untuk berobat. Dewa menuturkan bahwa ia menderita wasir sehingga harus menjalani operasi dan rawat inap di salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Gianyar.

Dewa menceritakan, baru kali ini ia merasakan sakit hingga harus dioperasi dan menjalani rawat inap. Sudah beberapa bulan sebelum operasi, Dewa menduga dirinya mengalami wasir. Puncaknya, Dewa mengalami pendarahan saat akan buang air besar.

“Istri dan anak-anak saya juga sering menggunakan JKN untuk berobat di Puskesmas. Prosesnya selalu lancar. Saya sendiri sempat menjalani rawat inap karena operasi wasir, lalu  setelahnya harus menjalani pengobatan rutin selama empat minggu. Semuanya biaya dijamin oleh JKN. Mulanya saya tidak merasa sakit sama sekali, hanya ada pendarahan yang lama dan tidak berhenti saat buang air besar. Akhirnya saya memberanikan diri untuk konsultasi ke dokter. Seperti dugaan saya, dokter menyatakan saya wasir dan harus diambil tindakan,” ungkap Dewa.

Ia pun akhirnya dirujuk dari Puskemas ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan yang lebih baik. Selain operasi, Dewa harus menerima transfusi darah sebanyak dua kantong. 

“Semuanya berjalan lancar sekali, tidak ada kendala sedikit pun, saya hanya menunjukkan kartu JKN kemudian mendapatkan pelayanan yang cepat dari rumah sakit. Selain itu saat pulang hanya mengurus administrasi singkat serta tidak kena biaya sepeser pun,” lanjutnya.

Dewa merasa, JKN yang selama ini ia dapat dari tempatnya bekerja sebagai supir ambulans di Palang Merah Indonesia (PMI) Gianyar sangat bermanfaat bagi ia sekeluarga. Ia sangat berharap pelayanan JKN selalu ditingkatkan dan semakin membantu masyarakat dalam memperoleh akses pengobatan yang merata. (ay/gw)


File :