Edukasi Masyarakat, BPJS Kesehatan Hadirkan Rumah JKN di Tapsel dan Palas

Penulis : Humas Dibaca : 516 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 Dec 2022 09:06:27

Padang Sidempuan, Jamkesnews - Berkolaborasi dengan Kader JKN, BPJS Kesehatan Cabang Padang Sidempuan mendirikan Rumah JKN di dua tempat yang berbeda sekaligus. Rumah JKN pertama berlokasi di Kelurahan Baringin, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, sementara yang kedua berada di Desa Tanjung Botung Jae, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas.

Kepala BPJS Kesehatan Padang Sidempuan, Zoni Anwar Tanjung mengatakan, Rumah JKN dibuat untuk menjadi tempat edukasi terpadu sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat fungsi Kader JKN. Rumah JKN tersebut pun siap beroperasi dan bahkan telah dikunjungi oleh banyak masyarakat sekitar.

“Kami sudah meresmikan Rumah JKN di Palas pada Kamis (24/11) dan di Tapsel hari Jumat (25/11) lalu. Tidak hanya untuk peserta JKN, Rumah JKN adalah ruang bersama bagi siapa pun yang ingin bertanya dan mengetahui lebih banyak tentang Program JKN. Jika pemahamannya baik, maka tingkat kepuasan dan keaktifan peserta Program JKN diharapkan juga bisa meningkat,” kata Zoni pada Senin (28/11).

Zoni menambahkan, Rumah JKN memberikan berbagai pelayanan layaknya di kantor BPJS Kesehatan. Masyarakat dapat mengikuti sosialisasi Program JKN, mendaftar menjadi peserta JKN, menyampaikan pengaduan, hingga membayar iuran peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima (PBPU). Semuanya terkoordinasi dan terhubung langsung dengan BPJS Kesehatan. Zoni menjelaskan bahwa Rumah JKN dikelola oleh Kader JKN bersama mitra atau pihak lain dengan konsep kolaborasi. Kolaborasi tersebut diupayakan sedemikian mungkin hingga dapat membantu urusan masyarakat dalam hal administratif BPJS Kesehatan dan mengumpulkan iuran peserta.

“Animo masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan yang dijamin oleh Program JKN memang sangat tinggi. Sayangnya belum diikuti dengan pemahaman prosedur dan kewajiban membayar iuran. Kehadiran Rumah JKN sangat penting untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang berimbang serta menjaga status kepesertaan JKN tetap aktif,” kata Zoni.

Amin Siregar (37), salah seorang masyarakat Kelurahan Baringin, menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan dan Kader JKN. Menurutnya, konsep Rumah JKN bisa terealisasi berkat kerja keras dan pengabdian para Kader JKN serta BPJS Kesehatan yang menginisiasi program tersebut.

“Menghadirkan pelayanan Rumah JKN seperti ini bukan pekara mudah. Kalau sudah ada tempatnya, artinya kita siap melayani masyarakat kapan pun diperlukan. JKN itu banyak manfaatnya, jadi kami mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dan Kader JKN untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada kami. Semoga kolaborasi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar ke depannya,” tutur Amin. (HA/fz)


File :